Senin, 01 Agustus 2011

Ramadhan is comiiiiiiiing :)

يا أيها الذين آمنوا كتب عليكم الصيام كما كتب على الذين من قبلكم لعلكم تتقون
"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa." (Q.S. Al-Baqarah:183)

Alhamdulillah... Thank's God masih bisa bertemu lagi dengan Ramadhan tahun ini. Ramadhan 1432 H yang bertepatan dengan 1 Agustus 2011.

Now... Harus ada yang lebih nih dari Ramadhan ini. Setelah tahun-tahun kemarin cuma ada slogan 'target Ramadhan yang hanya sekedar pengisi lembaran diary'. Hiks... Malu, sedih plus menyesal. Ramadhan yang berlalu begitu aja.

Apa target Ramadhan ini. Cekidot!

1. Prioritas ibadah fardhu 'ain
  • Shalat jama'ah & di awal waktu harus di maksimalin nih. Yah.. walaupun harus naik ke lantai 4 buat shalat zuhur & asar. Itung-itung persiapan buat naik gunung lagi deh ;)
  • Yang terpenting ibadah shaum-nya sendiri bukan lagi sekedar menahan makan & minum. “Betapa banyak orang yang berpuasa namun dia tidak mendapatkan dari puasanya melainkan hanya rasa lapar dan dahaga.” (HR. Ath Thabrani). Na'udzubillahi min dzalik... Tapi ibadah shaum ini lebih dimaknai sebagai bentuk penghambaan diri dengan melaksanakan perintah-Nya. Plus ibadah yang bernilai sosial, bagaimana kita bisa turut merasakan kondisi orang-orang yang kekurangan. Plus lagi nih, bisa buat ajang diet massal yang ga menyiksa. Hihihi...
2. Tambahan ibadah sunnah
  • Mulai dari shalat sunnah, dimulai dari sunnah rawatib, dhuha, tahajud dan tarawih. Yang terakhir ini menjadi momen yang selalu ditunggu. Tiap ke masjid, selalu ingat kenangan tarawih bareng teman-teman saat masih kecil. Gangguin teman yang lagi sholat, teriak 'amiiin' sekeras-kerasnya, buka lapak makanan di atas sajadah, sampai jajan makanan yang berjejer di depan masjid. Kenangan yang bikin ngangenin...
  • Tilawah. Ini nih yang sering banget dilewatin. Dulu kaya'nya gampang banget buat khatam 1-2x selama Ramadhan. Koq beberapa tahun ini selalu bablas ya. Hmm... setannya tambah dahsyat nih. Cari-cari alasan :hammer. So, Ramadhan ini harus tembus buat target khatam lagi. Semangka!
  • Rajin shadaqah & kurangin shopping. Agak berat nih. Hihihi... Ingat, mubadzir itu sifatnya setan. Harus cek lemari nih buat sapu bersih. Berapa banyak baju, jilbab, sepatu yang ga pernah dipakai cuma gara-gara bosen. Cek juga barang-barang yang bahkan belum pernah dipakai sama sekali & cuma jadi penghuni lemari yang sia-sia. Saatnya beramal ;)
  • Yuks silaturahim. Nah ini saatnya cek phonebook di HP & buka lagi buku kenangan jaman sekolah. Ajak buat bikin event-event seperti bubar (buka bareng -red), sahur on the road, atau sekedar ngabuburit bareng. Kumpul-kumpul, ngobrol-ngobrol, makan-makan, sekalian nosta'gila'. Aseeekkkk...
3. Target lain
  • Rencana ini sebenarnya sudah dirancang sejak tahun kemarin, yaitu umrah ala backpacker di hari-hari akhir Ramadhan plus lebaran disana. Dan sepertinya harus ditunda buat tahun depan. Hiks... Padahal sudah lumayan mateng nih, tapi masalah mahram yang jadi kendala. Yo wis... tahun depan bawa mahram sendiri aja deh. Amiiin... (ngarep.com :p)
  • Karena target diatas gagal tahun ini, akhirnya putar haluan. Gara-gara sempat ikut wisata pesisir Jakut, jadi kepikiran buat bikin wisata religi mengunjungi masjid-masjid bersejarah di sekitar Jakarta & Depok. Setelah googling, ketemu sekitar 10-an masjid yang menarik buat dikunjungi. Berhubung libur kantor dimulai tanggal 22 Agustus, ada waktu seminggu buat merealisasikannya, sekalian bisa i'tikaf deh. Sambil menyelam minum kolak gitu ;)

Apa lagi ya? *thinking-thinking..
BTW, I hope it can be a better Ramadhan. Semua target bisa tercapai, segala pengharapan dapat dikabulkan, dan menjadi pribadi yang lebih baik selepas Ramadhan nanti. Amiiin...
Doakan aku ya...

1 Ramadhan 1432 H

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

monggo...